Breaking News

MEDIA CENTER DIDESAIN BERKELAS DUNIA

PERHELATAN peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) diliput ribuan wartawan dari seluruh dunia. Guna mendukung peliputan acara internasional tersebut, Media Center KAA dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang dibutuhkan para pewarta.

Media Center KAA bertempat di Exhibition Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), seluas 5.850 meter persegi sehingga mampu menampung 1.000 lebih wartawan. Fasilitas di media center itu dapat digunakan mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 21.00 setiap hari.

Untuk mendukung kebutuhan akses internet, terdapat 250 all in one computer beserta LAN wi-fi yang terhubung dengan internet berkecepatan 2 Gbps sehingga wartawan lokal dan asing bisa langsung mengunggah berita tanpa terkendala. 

Selain itu, terdapat ruang konferensi pers berkapasitas 150 orang dan dining area untuk 500 orang. Standar itu disesuaikan dengan acara internasional lainnya seperti APEC.

“Sesuai dengan standar internasional, untuk 1.313 wartawan. Kami juga sediakan runner pegawai untuk keperluan wartawan.Lima mobil yang stand by untuk mengantar liputan jika dibutuhkan dan fasilitas kesehatan,“ ujar Kepala Informasi dan Humas Kemenkominfo Ismail Cawindu kepada Media Indonesia, kemarin.

Kemenkominfo juga menyediakan TV LED berukuran 4 x 8 meter yang menayangkan live streaming perhelatan KAA. Disediakan juga dua ministudio dan fasilitas penunjang lainnya seperti broadcast quality audio video coverage, international broadcast center, broadcaster lounge, host broadcaster & host photographer, media pool area, retail & exhibition area, dan telecommunication services area tempat wartawan dapat menggunakan telepon internasional gratis kapan pun, lalu media stand-up positions untuk camera. Bahkan terdapat juga ruang interviu empat mata.

“Ada broadcasting service sehingga wartawan tidak perlu ke lapangan, cukup mengambil gambar dalam bentuk screen shot,“ imbuhnya.(Ind/X-5)

MI/22/04/2015 Halaman 8  www.mediaindonesia.com





Halaman